Lulusan Universitas Belanda: Menakjubkan!

April 27, 2010


Belanda merupakan salah satu negara yang kemajuan ilmu pengetahuannya sangat pesat, baik itu ilmu pasti ataupun ilmu sosial. Sejak dulu universitas-universitas di Belanda telah banyak mencetak lulusan mahasiswa yang brilian.

Banyak Ilmuan dan peraih nobel yang dulunya menempuh pendidikan di Belanda. Banyak penemuan penting didunia ini yang ditemukan oleh tokoh-tokoh dunia lulusan Universitas di Belanda, penemuan ilmiah tersebut mulai dari bidang Ilmu Hukum, Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi, sampai bidang Kedokteran, semua penemuan tersebut diakui dunia dan tentunya sangat berdampak luas bagi masyarakat global.

Pengaruh Hukum dari Belanda

Hukum Belanda yang berasal dari Prancis sangat berdampak luas bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Belajar ilmu hukum di negeri Belanda bagaikan belajar di rumah nenek moyang Hukum Indonesia, bisa dikatakan demikian karena banyak sekali Hukum Indonesia yang merupakan adaptasi hukum dari Belanda melalui asas konkordansi. Contoh hukum adaptasi dari Belanda diantaranya KUHP (Wetboek van Strafrecht), KUHPerdata (Burgerlijk Wetboek), dan KUHD (Wetboek van Koophandel).

Saya sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sangat ingin sekali melanjutkan kuliah di Belanda, ingin sekali rasanya memperdalam ilmu hukum di negeri tulip. Saya sangat terinspirasi oleh dosen dan beberapa guru besar saya yang lulus dan pernah belajar di beberapan Universitas di Belanda seperti Universitas Leiden, Utrech dan yang lainnya. Impian itu tetap ada, someday saya harus bisa mengikuti jejak para guru besar saya menimba ilmu ke negeri kincir angin di ujung barat Eropa sana.

Penemuan di Bidang Fisika

Apakah Anda tau Nicolaas Bloembergen? Mungkin bagi orang yang tertarik dengan bidang fisika sudah tidak asing lagi mendengar nama beliau. Beliau adalah seorang fisikawan Amreika Serikat yang pernah mendapatkan nobel fisika pada tahun 1981. Beliau menyelesaikan S3 di Universitas Leiden, wah kalau di pikir-pikir perjuangan beliau sangat gigih sekali ya, beliau rela sekolah jauh-jauh dari Amerika ke Belanda demi mendapatkan gelar Ph.D dari Universitas Leiden.

Nicolaas Bloembergen adalah salah satu contoh tokoh lulusan Universitas di Belanda yang telah menggoreskan namanya didunia dalam bidang ilmiah, masih banyak lagi tokoh lulusan Universitas di Belanda yang telah menghasilkan karya fenomenal bagi dunia.

Fisikawan dunia lainnya adalah Gerardus Hooft, beliau adalah lulusan Universitas Utrecht. Saya sangat terkesan sekali dengan Universitas Utrecht yang telah berhasil mencetak tokoh sekelas Gerardus Hooft. Hooft mendapatkan penghargaanΒ  Nobel Fisika pada tahun 1999 dalam bidang fisika teoritis dengan teorinya struktur kuantum interaksi elektro lemah dalam fisika.

Peraih nobel fisika lainnya adalah Heike Kamerlingh Onnes, beliau adalah guru besar fisika di Sekolah Politeknik Delft. Karya beliau adalah Algemene Theorie der Vloeistoffen, teori tentang hukum keadaan yang berkenaan yang dapat diturunkan dari uraian tertimbang, berdasarkan pada sifat dan gerakan molekul. Wah guru besarnya saja sehebat itu apalagi mahasiwanya ya, mahasiswa-mahasiswa delft sangat beruntung sekali mempunyai guru besar seperti itu.

Apakah Anda tau konsep pendinginan stokastik? Mungkin bagi orang yang bukan berlatang belakang fisika akan merasa asing dengan konsep tersebut. Konsep ini merupakan konsep yang terdapat pada pertumbukan, yang memungkinkan penemuan partikel W dan Z pada benda tumbuk proton-antiproton 500 gigaelektronvolt. Hebat kan? Dan mau tau siapa penemunya, beliau adalah Simon van der Meer lulusan Delft.

Tokoh lain lulusan Universitas di Belanda antara lain, Hendrik Antoon Lorentz (Universitas Leiden) Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1902 dengan teori elektromagnet yang membahas mengenai rincian dari pemantulan dan pembiasan cahaya. Lalu, Frederik Zernike (Universitas Groningen) peraih hadiah Nobel Fisika pada Tahun 1953 untuk penemuan mikroskop fase kontras, alat yang dapat digunakan untuk studi struktur sel dalam tanpa perlu mencemari dan membunuhnya. Lalu, Pieter Zeeman (Universitas Leiden) beliau menerima Penghargaan Nobel Fisika pada Tahun 1902 dengan penemuannya yaitu efek Zeeman.

Tuh kan, banyak sekali tokok-tokoh yang menakjubkan lulusan Universitas di Belanda yang berhasil mendapat nobel dan menemukan penemuan fisika yang spektakuler, penemuan tersebut diakui dunia dan tentunya sangat berdampak luas bagi masyarakat global.

Tokoh Indonesia Lulusan Belanda

Ternyata banyak tokoh berpengaruh di Indonesia yang juga lulusan Belanda loh. Banyak orang yang rela jauh-jauh nimba ilmu di Negeri Kincir Angin nan jauh di Eropa sana, dan sekembalinya di Tanah Air mereka sukses dan turut membangun Indonesia. Siapa sajakah mereka? Salah satunya adalah Mohammad Hatta. Tau Mohammad Hatta dong? Wakil Presiden pertama Indonesia dan bekas Perdana Mentri Indonesia itu lulusan Universitas Erasmus Rotterdam loh.

Mantan Menko Ekuin dan ketua PDI-P, Kwik Kian Gie, juga lulusan Belanda. Beliau pernah mengenyam pendidikan di Universitas Erasmus Rotterdam. Tokoh yang lain adalah Sutan Syahrir, seorang politikus dan perdana menteri pertama Indonesia, beliau lulusan Fakultas Hukum Universitas Amsterdam, Leiden. Terus ada lagi nih, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Gubernur sekaligus sultan Yogyakarta adalah lulusan Universitas Leiden. Wah sungguh menakjubkan!

Tuh lihat kan bisa dilihat tokoh-tokoh yang cukup berpengaruh di Indonesia ternyata sempat kuliah di Belanda. So, kalau mau mengikuti jejak mereka untuk menjadi orang yang berguna bagi Indonesia nggak salah dicoba untuk kuliah di Belanda juga, so persiapkan mulai dari sekarang untuk studi di Belanda.

Inovasi di Bidang Kedokteran

Salah satu tokoh kedokteran terkenal yaitu Willem Einthoven, beliau adalah mantan Masiswa Kedokteran Universitas Utrecht. Pada tahun 1924 beliau menerima penghargaan nobel karena berhasil menemukan elektrokardiogram, penemuan tersebut tentunya sangat berdampak luas bagi masyarakat global.

Universitas Amsterdam ternyata juga memiliki mahasiswa Kedokteran yang sangat cerdas. Beliau adalah Christiaan Eijkman. Ilmuwan Belanda yang pada tahun 1929 mendapat Penghargaan Nobel itu adalah ahli dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran. Beliau berhasil mendapatkan penghargaan nobel karena berhasil menemukan antineuritic vitamin.

Sedangkan jagoan kedokteran untuk di Universitas Leiden adalah Nikolas Tinbergen. Seorang ahli etolog dan ornitolog ini mendapatkan gelar Ph.D pada tahun 1932 dari Universitas Leiden. Dan pada tahun 1973 beliau mendapatkan penghargaan nobel atas penemuannya dibidang biologi. Sungguh menawan bukan dunia pendidikan kedokteran di Belanda, bayangkan saja, dari beberapa nobel dunia dibidang kedokteran tiga diantaranya berasal dari ilmuan Belanda. Menakjubkan!

Ekonom Dunia

Ekonom Tjalling Charles Koopmans ahli bidang ekonomi matematika adalah pemenang Penghargaan Nobel Ekonomi pada Tahun 1975, beliau adalah alumnus Universitas Utrecht. Ekonom lainnya adalah Jan Tinbergen. Tokoh jebolan Universitas Leiden itu mengembangkan teori model dinamik dalam penganalisaan proses-proses ekonomi makro. Karena teorinya itu, beliau menerima Hadiah Nobel di bidang ekonomi di tahun 1969. Tokoh-tokoh ekonomi belanda tersebut jelas telah mempengaruhi dunia dengan teori ekonominya, teori yang diakui dunia lewat penghargaan nobel tersebut tentunya sangat berdampak luas bagi masyarakat global.

Ayo! Segera take off ke Belanda

Tuh kan terbukti kalau universitas-universitas di Belanda memang telah berhasil mencetak ilmuan-ilmuan dunia yang telah menghasilkan karya terbaiknya bagi dunia. Mulai dari bidang ilmu sosial maupun ilmu pasti. Sangat menakjubkan sekali kan!

Sobat-sobat sekalian yang sudah punya kemauan untuk studi di Belanda silahkan usaha dengan giat. Banyak jalan kok menuju negeri keju di Tanah Eropa sana, ingat pepatah β€œdimana ada kemauan disitu pasti ada jalan”.

Pemerintah Belanda banyak menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang kuliah di Belanda. Biaya untuk hidup mahasiswa di Belanda juga tidak begitu menguras isi kantong. Banyak sekali kemudahan yang diberikan bagi mahasiswa yang studi di Belanda, salah satunya adalah faktor Bahasa, sobat-sobat sekalian tidak perlu repot belajar Bahasa Belanda yang mungkin bagi sebagian orang sangat sulit, sobat-sobat sekalian hanya perlu memahami bahasa Inggris saja, karena telah banyak universitas-universitas di Belanda yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Ayo! Segera take off ke Belanda untuk studi disana. Bila sobat-sobat merasa masih kurang informasi mengenai dunia pendidikan dan universitas di Belanda sobat-sobat sekalian bisa sangat mudah kok untuk mendapatkan informasi tersebut. Banyak sekali lembaga yang menyediakan Informasi mengenai studi di Belanda. Sobat-sobat sekalian tak usah khawatir, bisa dilihat website lembaga-lembaga penyedia informasi tersebut diantaranya adalah beasiswa StuNed dan NESO.

Sobat-sobat sekalian ayo kuliah di Belanda di universitas berkualitas dunia, dan sekembalinya di Indonesia menjadi ahli hukum yang handal, fisikawan hebat, ahli kedokteran yang profesional, atau ekonom yang mampu mengangkat perekonomian Indonesia. Kali aja sobat-sobat sekalian bisa mengikuti para lulusan universitas Belanda yang berhasil meraih penghargaan nobel dan berhasil menemukan inovasi lain yang berguna bagi dunia. Menakjubkan sekali kan kalau ada peraih nobel dari Indonesia. Ayo sobat-sobat sekalian, jadilah lulusan selanjutnya yang lebih menakjubkan!

sumber gambar:
http://ijonk89.files.wordpress.com/2009/04/peta-belanda.jpg
http://www.mckinzietours.com/trips_extended/images/holland-tulips.jpg

Advertisements

111 Responses to “Lulusan Universitas Belanda: Menakjubkan!”

  1. achen said

    hehehehhe jadi tahu OKenya Belanda…
    oga kesampaian dah cita2nya…
    amiiin

  2. Wong Jalur said

    Klo saya ke Belanda cuma ingin ketemu Ruud Gullit, Van Persie, dan Pemain Internasional Belanda lain yang masih ada keturunan Indo. Kita mau ngobrol pake bahasa Jawa, bisa gak ya? πŸ˜€

  3. Ms. Resty said

    Semoga berkesempatan melanglang buana ke negri kincir angin πŸ™‚

  4. Sapril said

    Salam kenal, kunjungan balik πŸ™‚
    Semoga bisa kuliah di Belanda πŸ™‚ Semangat!

  5. ulasannya lengkap
    pernah juga pengen cari beasiswa di belanda
    tapi belom serius hehhee
    salam kenal juga mas πŸ˜€

  6. @sapril: amin.. ayoo klo bisa kita reme2 kuliah di Belanda.. haha

  7. achen: hehe, baru tau kan klo belanda itu oke. berminat ke belanda juga?

    wong jalur: sama, aku jg mau ketemu mereka.. iya semoga bisa ketemu Ruud Gullit, Van Persie, dan Pemain Internasional Belanda lainnya.

    Ms. Resty: moga dapt kesempatan untuk liat kincir angin secara langsung deh

    gerhanacoklat: ayo serius dong nyari beasiswanya, hehe.. udh pernag nyari beasiswa dmn aja?

  8. saro said

    belanda y..
    klo gw mah lebih tertarik k jepang ato korea..
    heee…hee…

  9. saro: hahahaha.. mau ketemu siapa lo di korea dan jepang? mending ke belanda aja deh, hahaha

  10. wah, mantap semoga menag lomba blognya … πŸ™‚

  11. afif: siiip, aminn.. ayoo dong cari2 beasiswa ke belanda..

  12. semoga cita-citanya kesampaian mas…. meski negara yang pernah menjajah kita, tapi ternyata banyak juga peninggalan mereka yang sangat bermanfaat bagi kita disini… ya toh…. terutama ilmu pengetahuan mereka

  13. tukang komen: iya memang kita memiliki sejarah yang kelam dengan belanda. namun kita jg tidak bisa pungkiri bahwa kualitas ilmu pengetahuan belanda masih lebih maju, dan kita sebagai orang indonesia jangan mau kalah, dan harus berusaha untuk selalu menjadi yg lebih baik dari belanda..
    salah satu caranya mungkin kita sekolah ke belanda kita serap ilmu disana lalu kembali ke Indonesia membangun indonesia dgn ilmu yang didapat

  14. delia4ever said

    ehmmm ulasang yg lengkap sobat.. πŸ™‚
    salam kenal πŸ™‚

  15. Sukses ya sobat.. Semoga Sukses mendapatkan nya

  16. h35ti said

    Halo sob…makasih ya dah mampir. Untuk kontes SEO di Bertuah, pantau aja di http://www.bertuah.org
    kalo yang sedang berlangsung sih ini sob ;
    http://nanlimo.blogspot.com/2010/03/negeriadscom-solusi-berpromosi-produk.html
    lihat punya teman Bertuah aja yaaa … πŸ˜€

  17. nietha said

    kapan ya bsia nyampe kesana? ngelamun mode ON

  18. bayuputra said

    salam kenal… wah sepertinya pendidikan di Belanda jauh lebih baik yah … Kapan yah saya bisa Kuliah ke Belanda ??? jadi pengen juga.

  19. delia: makasih delia, moga2 tulisannya bermanfaat buat semua orang yang mau kuliah di belanda

    laksamana: amiiiiiiin

    hesti: thanks infonya

    nietha: secepatnya pasti bisa.. asal mau usaha nyari beasiswa.. hehe

    bayuputra: ya sepertinya gitu, memang lebih baik, universitas belanda sudah mampu menembus 50 dunia. universitas di indonesia paling bagus masih berada di 200an dunia.. tp aku yakin indonesia pasti bisa menembus 50 dunia kok, asal disertai usaha lebih keras lg

  20. Abdi Jaya said

    Belanda memang hebat soal ilmu hukumnya, sampe sekarang pun masih kita pake hukum mereka… Ntar kalo menang, jangan lupa ajak saya bang, πŸ˜‰

  21. abdi: yups memang masih ada hukum peninggalan belanda yang masih digunakan indonesia hingga saat ini.

  22. Mantab … memang orang Belanda gak akan pernah kehabisan akal dalam berinovasi …
    Bayangkan aja, mereka bisa mengubah air disekeliling mereka menjadi sangat bermanfaat , mengubah angin menjadi tenaga listrik , dan bahkan menciptakan kapal perang modern/

    salam kenal,
    Erin

  23. pengennya seh ke Belanda trus ambil S2 ke jerman ambil S3 ke Perancis, tapi berhubung dana cekak untuk sementara makan eS campur dulu…. mumpung lagi panas ^_^

  24. arif said

    wah new blog sengaja buat kontes yah..good luck πŸ˜€

  25. ririn: yups, inovasi mereka memang keren.. dan Indonesia harus lebih inovatif lg, Hidup Indonesia!! hehe

    firdaus: gw jg pengen bgt ke Belanda trus ambil S2 ke jerman ambil S3 ke Perancis.. haha..

    arif: sebenernya udh banyak punya blog, tapi mau buat baru lg aja.. hehe

  26. free font said

    pengin sih kuliah disana…. cm ga ada dana boss….

  27. free: makanya cari beasiswa bos.. banyak loh beasiswa buat kul di belanda.. contohnya beasiswa dari Neso..

  28. ndop said

    semoga tercapai mas, bisa kuliah di belanda…

  29. ndop: yoi, mdh2an kita bisa kuliah di belanda berang ya.. amin..

  30. ImUmPh said

    Om… ane juga mau kuliah di Belanda, tapi untuk kuliah S1 di dalam negeri aja susah. hohohohoho
    Tetap semangat!
    Do’akan saya tahun ini jadi mahasiswa Om!

  31. salam kenal mas.
    lagi blogkwalking ne..

  32. faries said

    kuliah hukum di belanda mantab boy..

  33. novi said

    mantap men…..

    hahahahahahha

  34. sekarayuwirani said

    hm… lagi ngompor2in mahasiswa Indonesia buat kuliah ke sana ya? πŸ˜‰ iya niy, masih ada desire buat lanjut sekolah ke sana ^_^

  35. talesa nebula said

    wah keren2, railah ilmu sampai kenegri sebrang

  36. LADY GAGA said

    haha, kerennn… belanda negri kincir..
    kesehatan mas bagus bgt disana..
    pasti bisa di kuliah disana…. smangat!

  37. vivi said

    wahhh ternyata belanda oke juga yaa…hmmhhh jadi tertarik ke belanda nih….apalagi gw pnh blajar bhasa belanda sumber..haahahhah…klu ke belanda ajak2 gw yaaa..jgn lupa tuh….hahahha..
    smg sukses yaaa…
    smangat!!!!

  38. fandiar said

    waw…. saya juga pengen nerusin S2 di situ…
    in Nursing science…
    amin…ayo bareng kak kesana… wkwkwk

  39. ating said

    wah, gw juga mau ke belanda,,ngeliat red district ma harlem

  40. Imar said

    gue tau UU RI No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja (gue anak K3 harus tau) UU itu awalnya dari UU Uap Tahun 1930 Belanda punya . hehe .
    kalo ada kesempatan S2dan/atau S3 disana, mau bangeeett..

  41. novi said

    madi!!!!!…..mo kul k Belanda?????….gmn Jepang????….
    Duh…jd pengen ke Belanda…kali j ke cantol bule di sana….hohohohow…. 3=)

    • hahahaha.. jiah lo malah nyari bule, tujuan utamanya kuliah lah.. hehe.. gw sih klo ada kesempatan buat ke belanda mau2 aja, hehe.. ke jepang jg mau.. hehe.. gmn lanjut jp2 gak?

  42. fajri said

    tulisannya baguss di, padet,
    tapi kenapa ga ada bidang teknologi informasinya ya?
    jadi kurang tertarik ke belanda,,hehe

    suksesss yaa,,

  43. novi said

    Di….serius mo kul di Balanda????….

  44. Wahyu Awaludin said

    wow..dahsyaaaaaat..!!
    madi mimpi kuliah di Belanda ni kayaknya..
    semangat brow!
    πŸ˜€

  45. Rohli said

    wah di… sebenernya gua ga terlalu ingin ke Belanda.
    haha. maklum, udah bosen di jajah. haha
    semoga menang lombanya..

  46. darma said

    bagus,,bgt… tapi klo temanya indonesia
    kita bisa ekspos kelebihan” yang dimiliki indonesia
    nggak kalah kok ama belanda.. hehe

    • emberrr.. bener bgt dar, indonesia masih unggul dibeberapa bidang dibanding belanda, contohnya masalah SDA.. tp klo masalah pendidikan keknya kita harus banyak belajar deh biar bisa menyaingi belanda… hehe

  47. ECHIGAWA said

    wah madi pengen lajut ke belanda ya asssiiiiiikkkkk deh hehe tapi bule belanda kurang cakep cakep di hahahahaha gw maunnya ke milan aja deh nonton tim kesayangan di stadion san siro baliknya mampir ke madrid nengok ricardo kaka tersayang hahahahahaha

  48. adhita said

    uughh,,,
    kpgn jd kpengen S2 dsana,,cck bgt wat tempat blajar,,
    suasana na mgkn ga bqin boriing,,,
    kapan yah bs ksana???
    hahhahaa,,,
    ngareep.com

  49. mulya fitrah utama said

    Andrea Hirata yang dari belitung aja bisa nyampe ke Paris kuliahnya ekstensi lg di FE, pastilah Mahasiswa Tekun bernama Madi ini bisa kesampaian kuliah di belanda. I have faith with your ability–just try mad!

  50. defera said

    waaah,asiiik bangeet yaah kuliaah di sana..
    jadi pengeen
    ahahaha
    lo pengen ngelanjutin ke belanda??asiik.gw doain deeh ya

  51. ugi said

    wow,,lengkap bgt ulasanya,,,lagi jd staff promo studi d belanda atau nyari temen ni biar sama2 S2 d sana.,,,heheheh,,
    Belanda merupakan salah satu negara yg banyak memberi kemudahan2 kepada orang Indonesia yang mw belajar disana,,,(kalo g salah si dipicujg oleh politik hutang budi,karena dia sudah banyak menjajah kita),but,,oks banget lah madi biar ilmu hukum lo makin manteb,,teb,,,teb,,,, πŸ™‚

    • bener bgt tuh mba, belanda emang salah satu negara yg banyak memberi kemudahan2 kepada orang Indonesia yang mw belajar disana.. hehehe..
      iyaa nih moga2 bisa S2 disana

  52. rose said

    setiap hal pasti ada baiknya and ada buruknya… termasuk belanda ini… ^^

  53. sunflo said

    yuup… meskinie negara orang2nya jadul pada ngejajah indonesia… tapi emang dalam satu sisi… kualitas output pendidikannya OK-Ok kok… lulusan kita jaman sekarang kurasa kalah ma yang dulu… generasi dulu lebih mantaabzz memahami konsep keilmuan dan prakteknya di lapangan…. ^^

  54. ismi said

    ke belanda pengen liat kincir angin and tulip mas πŸ˜€
    salam kenal πŸ˜€

  55. zhie said

    zhie pengen tinggal di belanda ….
    kapan ya….

  56. rhainy said

    Ehm..moga cita2 mau sekolah lagi ke belandanya tercapai ya…
    Jadi kepengen ke belanda juga, tapi jalan2 aja kali ya? Kalo sekolah lagi…nyerah deh..hehehehe…
    Makasih ya udah mampir, jangan bosen ya..salam kenal…

    • hahahaha.. kan yg namanya sekolah gak ada batasan umur.. ayoo semangat sekolah lg, pastinya sekolah di belanda aja, sekolah sambil jalan2 deh biar gak gampang nyerah.. hehe

  57. Tampilan blognya berubah ya. Habis, dulunya yang kukunjungi bukan seperti ini. Memang, kadang2 kita ingin tampil yang lain dari biasanya

  58. bayuputra said

    SELAMAT MALAM … SUKSES ELALU.

  59. matanaga said

    kunjungan malam mas?
    numpang baca2 yah..
    nice blog dah! ;p

  60. sugeng said

    Malam mas Mukti, wah jadi pingin juga mencari ilmu sampai di negeri kompeni πŸ˜† tapi sayang mas modal finansial dan intelektual yang sangat kurang :mrgreen:
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • yauda cari beasiswa aja mas, saya jg gak mampu loh klo sekolah di belanda dengan finansial sendiri, makanya cari beasiswa bareng2 yuks, coba deh sering2 buka web nya NESO

  61. hanyanulis said

    Hmmm..jadi teringat buku negeri van oranje setelah baca postingan ini

  62. Asop said

    Kalo mau bayarin tiket dan biaya akomodasi, saya mau ke Belanda. πŸ™‚

  63. jumialely said

    selamat menikmati kontesnya ya mas

    salam kenal dari kota medan dan terima kasih atas kunjungannya

    salam persahabatan

  64. elmoudy said

    wah seru juga bisa sekolah ke sana..
    liat negeri belanda dengan kincir anginnya..
    asyik udaranya… katanya seh gitu =)

  65. achoey said

    Wow
    Moga bisa mencicipi indahnya negeri Belanda
    Salam semangat

  66. omiyan said

    kita kalah jauh tapi kita pasti bisa

    sukses ya

  67. yoi, jgn mau kettinggalan jauh terus, kita pasti bisa lebih maju klo mau berusaha..

  68. senangnya kalau bisa melanjutkan studi ke luar negeri seperti belanda… semoga anak saya besar nanti bisa juga

  69. marisa said

    kayaknya belanda emang masih deket ya sama indonesia…gara2 perang dulu keknya.. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: